Free Download Jadwal Imsakiyah 1441 H Wilayah Kota Pekanbaru

INFO.SAIFULDESAIN.COM - Jadwal Imsakiyah dan buka puasa Ramadan 2020/1441 H untuk sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Pekanbaru telah dirilis PP Muhammadiyah. Muhammadiyah telah mengumumkan penetapan jatuhnya Bulan Ramadan 1441 H di tahun 2020 pada Jumat (24/4/2020).Hal ini tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2020 yang diunggah di situs resmi PP Muhammadiyah. Muhammadiyah menetapkan awal Bulan Ramadan menggunakan metode Hisab.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 pun telah disusun Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Dr Oman Fathurohman.Berikut jadwal Imsakiyah Ramadan 2020/1441 H yang dirilis PP Muhammadiyah, sebagaimana dikutip dari Muhammadiyah.or.id.


Sementara itu, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) baru akan menggelar sidang isbat (penentuan) awal Ramadan 1441 H pada Kamis, 23 April 2020.

Setelah mendengarkan paparan terkait posisi Hilal awal Ramadan 1441 H, pemerintah baru bisa menetapkan 1 Ramadhan 1441 H.

Selengkapnya, Anda dapat menyimak jadwal Imsakiyah Ramadan 2020/1441 H dengan meng-klik tautan ini:

Jadwal Imsakiyah Ramadhan untuk Pekanbaru

Bacaan Niat Puasa

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Doa Berbuka Puasa Ramadan

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."

Seperti yang dilansir dari zakat.or,id, selain doa buka puasa di atas, ada satu pendapat lainnya tentang doa buka puasa yang berasal dari hadis Rasulullah SAW yaitu sebagai berikut,

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud: 2/306, no. 2357 dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678).


sumber : tribunnews

Komentar