Catatan Servis Panggilan 3 Tv Sekaligus Dalam Sehari Lg, Sharp, Panasonic

Catatan Servis Panggilan 3 Tv Sekaligus Dalam Sehari Lg, Sharp, Panasonic

 Hari ini saya sedikit lelah mendapat job panggilan untuk memperbaiki  Catatan Servis Panggilan 3 TV Sekaligus dalam Sehari LG, SHARP, Panasonic

SOLDIRADEM BLOG - Hari ini saya sedikit lelah mendapat job panggilan untuk memperbaiki 3 tv. Awalnya job ini hanya untuk memperbaiki dua tv, tapi kemudian sesudah tetangga-tetanganya tau ada bengkel sedang di rumah user tersebut, berdatangan banyak orang. Akhirnya hanya sanggup memperbaiki 3 tv dan 1 receiver, dalam sehari penuh. Mungkin kalau di rumah sendiri, tidak sampi tiga perangkat, Bisa dibilang hanya akan sanggup mengerjakan satu perangkat saja. Karena di rumah sendiri terlalu nyaman, dan kerja kurang cepat kalau tidak di tunggu user. hehee.

Berikut ini merupakan beberapa perangkat yang sanggup saya taklukan dengan banyak sekali macam kerusakan yang berbeda.

1. TV LG ultra slim protek 

Gejala awal, tv ini mati total, ternyata seteah dibuka saklarnya tidak berfungsi. Kata si pemlik tv lg ini dikala dinyalakan beberapa detik mati lagi, namun sebelum mati nampak layar hanya gelap dan ada garis putih di tengahnya. tv merek LG Ultra slim berwarna hitam. Sebenarnya saya pernah menangani kerusakan dengan tanda-tanda menyerupai ini. Permasalahanya hanya pada matinya ic vertikal 78040 sehingga tv protek. Namun kali ini sedikit lebih usang pengerjaanya sebab ternyata jalur pada pcb terutama pada ic vertikal rusak semuanya. Ketika mengangkat ic vertikal, jalur tambah rusak. Sempat mumet tapi harus terselesaikan. Dengan modal yang penting hidup, kesudahannya memutuskan untuk menjamper jalur-jalur pcb yang rusak memakai beberapa kawat tembaga bekas kaki komponen. Jadinya amburadul.

 Hari ini saya sedikit lelah mendapat job panggilan untuk memperbaiki  Catatan Servis Panggilan 3 TV Sekaligus dalam Sehari LG, SHARP, Panasonic

Setelah penggantian ic vertikal, dengan banyak sekali macam jumper semrawut kesudahannya tv ini menyala dengan normal.

Ukur tengangan pada suplay ic vertikal terukur 27 volt dc, ini angka normal untuk supla ic vertikal. sehingga kasus matinya ic vertikal kemungkinan hanya terdapat pada kerja ic yang memang panas. Bukan sebab tegangan over ataupun yang linya. kemungkinan juga ini kerusakan pada elko pump up ic vertikal sebab terlihat menggembung ukuran 100 uf 35 volt saya ganti dengan elko ukuran 100 uf 50 volt.

2. TV SHARP Crt cembung mesin wecom 

TV ini dikala gres diganti mesin hanya bertahan sekitar dua bulanan kemudian tv ini rusak. geja kerusakanya, dikala dinyalakan harus menunggu waktu yang sangat usang untuk sanggup hidup kemudian sesudah tv didiamkan, akan menyala dengan sendirinya. Namun tidak menyala normal hanya nampak cahaya dan bunyi kemudan tv mati total. Gejala yang gila dan tanda-tanda yang gres perihal kerusakan tv china. Sebelum saya membuaka tv ini, perasaa cemas sebab kerusakan tampaknya sangat parah dan menjurus pada ic jungle. Sempat tidak yakin sanggup menuntaskan tv ini.

TV saya buka, terlihat mesin masih gres dan tidak ada bekas solderan tambahan. berarti memag mesin ini belum pernah di servis sebab solderanya masih terlihat bawaan pabrik dan komponen masih original semuanya.

Menemukan satu kejanggalan pada tv ini ialah sebuah elko ukuran 470 uf 35 volt terlihat mengmbung hampir meletus dan tampaknya telah short. Elko ini berfungsi untuk memfilter tegangan 12 volt. Ini tampaknya jurusan pada ic jungle. Setelah elko diganti, runing test tv eksklusif menyala normal.

Wah, ini yang namanya pucuk dicinta ulam pun tiba. saya jadi aib pada diri sendiri bahwa berprasangka baik dari awal itu dibutuhkan semoga bekerja lebih semangat dan lebih giat. hehee.

3. Receiver merek venus mp2 lupa serinya


 Hari ini saya sedikit lelah mendapat job panggilan untuk memperbaiki  Catatan Servis Panggilan 3 TV Sekaligus dalam Sehari LG, SHARP, Panasonic

Receiver dalam keadaan mati total, mencoba memperbaiki power suplay namun tidak berhasil. kesudahannya user tak suruh beli SMPS  ke toko elektronik. Begitu saja eksklusif beres. receiver eksklusif menyala normal.

Untuk gosip lebih lanjut silahkan baca artikel: Cara mudah memasang SMPS receiver Dvb

4. TV Panasonic Jadul mesin original 

Wah ini lebih parah lagi, tv merek panasonik renta ukuran 14 inci. TV jadul belum memakai av, mesin masih original dari panasonik. Lebih seram lagi sebab didalamnya terdapat komponen seribu, mungkin. sebelumnya saya tidak pernah memperbaiki tv tua, jadinya masih awam sebab sistemnya masih rumit tidak sesimple yang sekarang. TV panasonik ini memakai banyak ic dan sistem pengaturan warna, v size, h hold, h phase, dll, masih manual memakai variable resistor.

TV ini dikala dibuka mesin tidak terhihat mesin tv namun hanya terlihat kotora menempel. Dan tidak saya bersihkan sebab tanda-tanda kerusakanya hanya pada warna. dikala awal di nyalakan tv ini kehilangan warna merah sehingga terlihat hanya warna biru dan hijau, maka menjadikan tidak nyaman di tonton. Namun sesudah beberapa usang warna normal kembali. saya hanya berani membongkar pada penggalan pcb rgb saja. Mencoba dengan menyeting variable pengauran warna merah namun tidak ada perubahan sedikitpun dikala vr di adjurtmen hingga maksimal. Kemudian sesudah mulai resah apa yang meski saya lakukan. Jika harus megganti transistor rgb dengan seri D4....tidak ingat. saya tidak mempunyai setok dengan seri tersebut. Saya juga tidak curiga pada solderan, sebab masih terlihat bagus. dan mentok hampir menyerah. Befikir sambil iseng soldering ulang pada blog rgb tersebut. Tidak terduga warana merah muncul. wah hari ini memang keberuntungan saya. semua niscaya Campur Tangan Allah yang telah melancarkan pekerjaanku hari ini.

Sekian dulu shering kali ini semoga apa yang aya tuliskan di atas sanggup bermanfaat untuk rekan semuanya dan sanggup megambil pesan yang tersirat apa yang saya sampaiakan.

by:

post written by:

Related Posts