Cara Simpel Agar Artikel Mudah Diindeks Dengan Google Webmaster Tools

Cara Simpel Agar Artikel Mudah Diindeks Dengan Google Webmaster Tools


COPAD | Cara Simpel Agar Artikel Mudah Diindeks Dengan Google Webmaster ToolsHalo sobat COPAD, pada artikel kali ini mimin akan memberikan sebuah tutorial tentang penggunaan dari Google Webmaster Tools (GWT) atau yang biasa juga disebut dengan Google Search Console (GSC). Tapi sebelum itu, mari kita kenali dulu apa sih GWT atau GSC ini.

Apa itu Google Webmaster Tools (GWT)?
Google Webmaster Tools (GWT) adalah salah satu alat dari Google yang memudahkan para blogger dalam pengindeksan artikel atau kontennya, agar artikel atau konten tersebut dapat tampil di halaman pertama lebih cepat dibanding para blogger yang tidak menggunakan Google Webmaster Tools atau Webmaster Tools lainnya.
Selain fungsinya yang sebagai alat untuk mempermudah pengindeksan, Google Webmaster Tools juga membantu kita dalam menyelesaikan masalah URL atau link pada blog yang sudah tidak terpakai atau mengalami eror. Serta memberikan data-data yang akurat mengenai pengunjung dari blog kita.
Sudah paham sedikit kan mengenai Google Webmaster Tools, sekarang mari kita simak langkah-langkah dalam penggunaan Google Webmaster Tools ini.

Berikut langkah-langkah dalam pengindeksan artikel  dan juga halaman pada blog menggunakan Google Webmaster Tools.

- Cara Pertama -

1. Log In ke Google Webmaster Tools atau langsung Klik Di Sini, kemudian pilih blog yang akan dimintai pengindeksan.

2. Selanjutnya, pilih Crawl/Perayapan lalu pilih Fetch as Google. Masukkan sebagian dari link artikel kalian pada kolom yang telah disediakan, karena di sana sudah disiapkan sebagian dari link kita.
Contoh: 
Link artikel saya, https://www.zonacopad.com/2018/08/cara-menghapus-url-pada-blog-yang-sudah.html, maka saya hanya tinggal memasukkan 2018/08/cara-menghapus-url-pada-blog-yang-sudah.html.

3. Setelah itu, pilih Fetch/Ambil kemudian klik Request indexing/Minta pengindeksan. Selesaikan captcha lalu pilih antara Crawl only this URL/Rayapi URL ini saja (untuk meminta pengindeksan hanya pada URL tersebut) atau Crawl this URL and its direct links/Rayapi URL ini dan link langsungnya (untuk meminta pengindeksan pada URL tersebut dan juga URL yang ada pada artikel seperti backlink).

4. Selesai. Kalian hanya tinggal menunggu beberapa hari hingga proses pengindeksan selesai. Untuk mengeceknya, kalian tinggal pilih Google Index /Indeks Google lalu pilih Index Status/Status Indeks.

Catatan:
Untuk meminta pengindeksan pada halaman utama blog cukup dengan langsung memilih Fetch/Ambil tanpa memasukkan tambahan URL apapun.

- Cara Kedua -

1. Masih pada menu Crawl/Perayapan, pilih Sitemaps/Peta situs kemudian pilih Add/Test Sitemap (Tambahkan/Uji Peta Situs). 

2. Selanjutnya, masukkan satu per satu kode di bawah lalu klik Submit/Kirim. Maksudnya, masukkan dulu kode pertama lalu klik Submit/Kirim, kemudian masukkan kode kedua lalu klik Submit/Kirim, dan begitu seterusnya.
  • sitemap.xml
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • atom.xml

3. Selesai. Kalian hanya tinggal menunggu beberapa hari hingga proses pengindeksan selesai. Untuk mengeceknya, kalian tinggal pilih Google Index/Indeks Google lalu pilih Index Status/Status Indeks.

Catatan:
Setiap ingin melakukan Submit/Pengiriman ada baiknya untuk dites terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah ada yang eror dengan blog kalian.

Akhir Kata
Sekian tutorial untuk artikel Cara Simpel Agar Artikel Mudah Diindeks Dengan Google Webmaster Tools kali ini, semoga yang mimin berikan dapat bermanfaat. Terus kunjungi blog COPAD atau langsung Subscribe untuk mendapatkan artikel baru dan menarik lainnya secara gratis. Atas perhatiannya mimin ucapkan terima kasih dan mohon maaf atas segala keterbatasan serta kesalahan dalam penulisan.

post written by:

Related Posts

0 Comments: