Cara Mengkonversi File Foto dalam Jumlah Besar

Cara Mengkonversi File Foto dalam Jumlah Besar




COPAD | Cara Mengkonversi File Foto dalam Jumlah Besar - Jika kamu berpikir menyimpan file foto dalam folder yang besar  di dalam format yang berbeda membuat kamu lelah, maka bergembiralah. Karena kamu dapat melakukan semuanya sekaligus tanpa menggunakan perangkat lunak yang mahal.

Pertanyaan : Saya memiliki ratusan foto berformat TIFF. Apakah ada cara efisien untuk mengubah foto-foto ini ke JPG sekaligus?

Jawaban : Tentu, sama seperti ketika kamu mengganti nama banyak foto sekaligus melalui “pemrosesan batch,” Kamu juga dapat mengonversi banyak koleksi gambar dari satu format file ke yang lain dalam satu langkah. Format TIFF, yang umum dalam produksi cetak menghasilkan ukuran file yang jauh lebih besar daripada gambar yang disimpan dalam format JPG yang lebih komplit dan ramah-web.

Program pengeditan gambar populer seperti yang ada dalam Adobe Photoshop menyertakan perintah untuk mengonversi file dari TIFF ke JPG. Tetapi kamu memiliki banyak alternatif jika tidak ingin menggunakan perangkat lunak manajemen foto seperti itu.
Mac dan Windows app menyimpan sejumlah program utilitas yang relatif murah untuk mengkonversi format file, mengubah ukuran dan mengoptimalkan gambar dalam batch. Saat inginn membeli program yang sesuai, baca ulasan dan pastikan perangkat lunak memiliki semua yang kamu perlukan.
Di Mac, yang seharga $10 PhotoBulk dari Eltima Software melakukan pemrosesan batch dan dapat menambahkan watermark dan cap tanggal ke gambar. Pengguna Windows memiliki banyak program untuk dijelajah, termasuk IrFanView yang gratis atau Pixillion Plus Image Converter yang seharga $35.

Program Pratinjau yang muncul dengan sistem operasi Mac juga dapat mengubah file gambar antar format. Untuk mengonversi folder TIFF, dengan cara: buka folder, pilih semua file dan seret batch ke ikon Pratinjau di dek desktop Mac. Kamu juga dapat mengeklik kanan pada kumpulan file yang dipilih dan memilih Buka Dengan Pratinjau. Ketika semua foto terbuka di jendela kiri Pratinjau, tekan tombol Ctrl + A untuk memilih semuanya. Buka menu File dan pilih Ekspor Gambar yang Dipilih. Di jendela Ekspor, pilih JPG sebagai format dan sesuaikan penggeser kualitas gambar sesuai keinginan. Klik tombol Folder Baru di sudut kiri bawah untuk membuat tempat penyimpanan file baru dan kemudian klik tombol pilihan biru untuk mengkonversi salinan dari file yang dipilih dalam format yang baru.


Sekian, semoga bermanfaat.

post written by:

Related Posts

0 Comments: