7 Tips Sebelum Mendaftarkan Blog/Website Di Google AdSense

7 Tips Sebelum Mendaftarkan Blog/Website Di Google AdSense


COPAD | 7 Tips Sebelum Mendaftarkan Blog/Website Di Google AdSenseSebelum ke tips-tipsnya, mari kita tahu terlebih dahulu sebenarnya apa sih AdSense itu? AdSense merupakan program kerjasama berupa periklanan melalui dunia Internet yang didanai oleh Google. Dan dengan melalui program periklanan AdSense ini, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan akhirnya disetujui diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk serta materinya sudah ditentukan oleh Google sebelumnya pada halaman web mereka.

Dan dengan AdSense, seorang pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google disetiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Intinya, AdSense merupakan layanan dari Google berupa periklanan guna memberikan penghasilan kepada pemilik website. Dan berikut beberapa tips sebelum mendaftarkan blog/website di AdSense.

1. Pastikan usia Akun Google Gmail kamu 18 tahun ke atas.
Seperti yang tercantum pada Persyaratan dan Ketentuan AdSense minimal usia kita harus 18 tahun ke atas. Tapi tenang saja jika kamu masih berumur dibawah 18 tahun, kalian bisa mengakali akun Google kalian dengan mengedit tanggal lahir, pertama Klik Di Sini untuk mengedit tanggal lahir atau kalain bisa Log In langsung ke akun Google lalu mengeditnya. Selanjutnya, edit tanggal lahir sesuai kebutuhan dengan mengklik simbol pena.


2.  Pastikan blog/website kamu sudah aktif setidaknya minimal 6 bulan.
Sebenarnya ini tidak berlaku bagi sebagian orang, tapi untuk beberapa lokasi AdSense mengharuskan blog/website aktif minimal selama 6 bulan untuk memastikan kenyamanan periklanan kita sendiri. Untuk mengecek apakah blog/website kita sudah memenuhi syarat, pertama Log Inke blog kalian, kemudian klik Penghasilan. 

Jika tidak nampak, klik Setelan > Bahasa & Pemformatan. Ubah bahasa dari Indonesia ke Inggris (Inggris Raya). Simpan Setelan kemudian Refresh halaman. Maka akan muncul menu Penghasilan, kemudian klik. Jika blog/website sudah memenuhi syarat maka akan muncul tombol pendaftaran untuk AdSense, tapi jika belum, akan muncul pesan bahwa blog/website belum memenuhi syarat untuk didaftarkan di AdSense.
(Jika blog/web kalian telah memenuhi syarat)

(Jika blog/web kalian belum memenuhi syarat)

3. Buatlah konten-konten yang berkualitas.
Umumnya agar bisa lolos di pendaftaran AdSense, kita harus memiliki konten-konten yang berkualitas, menarik, dan unik. Maksudnya, jangan mengcopas konten orang lain kemudian direpost ke blog/website kita sendiri. 


Copas iya boleh, tapi minta izin dulu sama pemilik blog/website yang ingin dicopas kontennya. Terus jangan lupa diedit, siapa tahu ada kesalahan dalam pengetikan atau hal-hal lainnya. Juga semakin banyak konten yang kita posting, peluang untuk lolos akan semakin besar, biasanya berkisaran 60 postingan ke atas.

4. Rapihkan tampilan blog.
Jika kalian telah mendaftarkan blog/website ke AdSense, pakar yang bekerja di sana akan meninjau blog/website kita apakah layak atau tidak untuk penampilan iklan. Maka dari itu, buat tampilan blog/website serapih mungkin, maksudnya atur elemen-elemen blog agar terlihat rapih. Untuk menambah poin keindahan kalian bisa mendownload tema blog lalu menerapkannya ke blog kalian.

5. Memiliki pengunjung dalam jumlah besar.
Pengunjung blog/website berperan penting dalam keberhasilan pendaftaran di AdSense, karena jika jumlah pengunjung terbilang besar, itu berarti konten yang kalian posting termasuk konten-konten yang berkualitas dan peluang untuk lolos di AdSense pun semakin besar. 


Untuk menambah jumlah pengunjung selain memposting konten yang berkualitas ada juga cara lainnya, seperti mempromosikan blog/website ke media sosial, menambahkan fitur berbagi ke media sosial di blog agar pengunjung dapat membagikan konten kita, dan masih banyak lagi cara-cara lainnya.

6. Mempunyai menu navigasi.
Menu navigasi sangat berguna untuk para pengunjung agar mereka dapat lebih mudah mengakses blog kita, contohnya seperti, about, contact, privacy policy, sitemap, dan disclaimer. Jangan lupa juga untuk menambahkan gadget popular post, arsip, dan label, jadi ketika pengunjung ingin mencari atau melihat artikel lain bisa langsung dengan mengklik artikelnya.

7. Berdoa kepada Tuhan.
Inilah poin terpenting dan paling utama agar kita dapat lolos di pendaftaran AdSense. Selain berusaha, kita juga harus berdoa kepada Tuhan agar bisa diloloskan dan mendapatkan keberkahan dari penghasilan yang didapatkan. Berdoa itu penting dan membuktikan bahwa kita percaya Tuhan itu ada dan Tuhanlah yang selama ini memberikan kita rejeki. 


Tapi, berdoa tanpa usaha itu kosong, gak ada nilainya, seumpama kalian pengen duit dan udah berdoa, tapi gak ngelakuin apa-apa, gak kerja sama sekali, dan kerjaannya tiduran sambil main HP doang, scroll sosmed ke sana ke mari, dan nyebar gossip gak jelas. Coba pikir, mau dapat duit dari mana. Maka dari itu berdoalah sambil berusaha, itu yang namanya seimbang, kalau belum dikasih, sabar aja dulu nanti pasti ada waktunya kok. Dan jangan suka ngeluh juga, harus ikhlas usahanya biar dapat berkah maksimal.
Sekian tips-tips dari saya, semoga dengan tips-tips tersebut dapat membantu kalian agar bisa lolos di pendaftaran AdSense. Terus kunjungi blog COPAD atau Subscribe untuk mendapatkan tips-tips menarik lainnya, download juga software-software yang sudah blog COPAD sediakan. Atas perhatiannya terima kasih.

post written by:

Related Posts

0 Comments: