Apa itu LAN,MAN,WAN,PAN Dan Wireless

Apa itu LAN,MAN,WAN,PAN Dan Wireless

Jenis-Jenis Jaringan Komputer - Jika sebelumnya kita telah membahas tentang Pengertian Jaringan Komputer  Maka untuk lebih memahami Tentang Jaringan Komputer disi saya akan membahasa tentang Jenis-jenis Jaringan Komputer. Disini kita akan membahas 5 Jenis jaringan komputer yaitu
1.  Personal Area Network ( PAN )
2. Local Are Network (LAN)
3. Metropolitan Area Network (MAN)
4. Wide Are Network ( WAN )
5. Jaringan Tanpa Kabel ( Wireless)
Jadi kita akan membahas 5 jenis jaringan diatas.

1.  Personal Area Network ( PAN ) 
Personal Area Network ( PAN ), janis jaringan ini adalah jenis jaringan Personal, saat anda menghubungkan komputer atau prangkat lain seperti smartphone,keybord, mouse atau kamera dan peralalatan lainnya yang jaraknya cukup berdekatan , maka anda telah membentuk sebuah system jaringan pribadi atau Personal Area Network. agar prangkat-prangkat bisa salaling terhubing biasa nya kita akan menghubungkan melalui port USB atau dapat juga memanfaatkan teknologi Wireless.

2. Local Are Network (LAN)
Local Are Network (LAN) jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, jaringan jenis biasanya menghubungkan antar komputer-komputer yang ada disebuah are, contoh nya disebuah kantor yang luasnya tidak lebih dari 2000 m.. tergantung dari jenis kabel yang digunakan. jenis jaringan ini memungkinkan kita untuk salaling berbagi sumberdaya dan informasi. salah satu dari pemanfaatan jaenis jaringan ini adalah Sharing Printer dan file.

3.  Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN), Adalah jaringan komputer yang memiliki area lebih besar dari Lan, biasanya antar wilayah dalam satu provinsi. jaringan MAN menghubungkan beberapa buah jaringan kecil kedalam lingkungan area yang lebih besar. salah satu ddari pemanfaat jaringan ini bisa kita lihat pada kantor kantoh yang memiliki cabang dibeberapa daerah. maka agar dapat saling terhubung dan saling bertukaran data maka dibangunlah jaringan MAN. 

4. Wide Are Network ( WAN )
Wide Are Network ( WAN ) Adalah jaringan dari gabungan jaring LAN dan MAN, yang telah mengalami pengembangan infrastruktur jaringan sehingga jarak cakupannya semakin jauh yaitu Dunia. Sebuah WAN memiliki ruang lingkup yang sangat besar dan sudah menggunakan teknologi Satelit, Wireless ataupun kabel Fiber Optik. Jika anda ingin menggunakan jaringan WAN, anda membutkan ISP ( Internet Service Provider ) Misalnya Telkom atau Indosat.

5. Jaringan Tanpa Kabel ( Wireless)
Jaringan Tanpa Kabel ( Wireless) atau jaringan Nirkabel  Jenis jaringan yang satu ini sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jenis jaringan ini adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi jaringan yang tidak dapat menggunakan kabel.  Jenis jaringan ini dapat memberikan kecepatan akses yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jaringan menggunkana kabel. tetapi pemanfaat jenis jaringan ini tidak begitu baik jika digunakan dalam gedung karna akan menghambat Sinyal. 

Demikian pembahasan tengtang jenis-jenis jaringan komputer kali ini. Semoga bermanfaat. dan apbila ada kritikan dan saran silahkan berkomentar pada kolomkomentar.



post written by:

Related Posts

0 Comments: