menambahkan meta tag untuk men seo kan blog

menambahkan meta tag untuk men seo kan blog

Wah.. anda bakalan rugi jika nggak mengikuti postingan yang satu ini, karena setelah berbulan bulan saya menunda nunda untuk menshare tutorial tentang SEO ( search engine optimization ) yang satu ini, karena alasan ( wah ntar kalo blog saya di saingin ramenya gimana ? gara gara rahasianya aku bagi bagikan ke orang lain.., hahahaha.. lucu yah.. ), padahal sebenernya dah lama banget pengen menshare postingan tentang meta tag ini. Tapi sekarang akhirnya juga terpublikasikan atau terposting untuk anda.... maafkan saya yah karena telat... hehehe. Yah mengedit atau lebih tepatnya menambahkan meta tag dalam blog khususnya blogspot adalah hal nomor satu yang musti dilakukan oleh para pe blogger, karena ini berkaitan erat dengan meta spider crawler search engine ( mesin pencari ). Nah trus kaitan nya apa dunk... karena spider crawler milik search engine sangat suka dengan meta tag, maka kita perlu menambahkan meta tag ke bagian header blog kita agar spider crawler search engine mudah untuk menemukan keyword dan title blog kita yang sudah kita set dan tentukan ( yang pasti yang unik / masih jarang yang memakainya ) kedalam meta tag yang kita buat.
...
Langkah ini tidak akan memakan waktu yang lama, anda tinggal meng copy contoh meta tag yang saya berikan dan anda tinggal mengedit meta description dan meta keyword sesuai dengan topik blog anda. Biar anda ngak bingung silahkan anda ikti langkah dibawah ini :
copy contoh meta tag dibawah ini lalu anda edit yang saya kasih tanda tlisan berwarna

<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot; - tutorial ngeblog di blogger blogspot&quot;' name='description'/>

Diatas adalah contoh meta tag description, ganti tulisan yang berwarna merah dengan kalimat deskripsi yang sesui dengan blog anda, tapi jika bingung dan untuk lebih mudahnya ganti aja dengan nama judul / title blog anda ( sebisa mungkin jika anda membuat judul / title blog harus simple, unik atau jarang yang memakai dan yang pasti title/judul tersebut banyak orang yang menginginkannya / mencarinya [jangan membuat title blog terlalu puanjaaaang karena akan dianggap spam oleh spider crawler search engine, dan jangan terlalu sedikit] ). Tapi perlu diinget jika anda mengganti tulisan yg berwarna merah diatas dengan nama judul blog anda.. hasilnya jika di lihat di hasil crawler ( yg terindex oleh mesin pencari ) akan nampak double / pengulangan judul blog anda ( judul blog anda akan dibaca search engin 2 kali alias sama ), karena jika kita perhatikan seksama contoh meta tag diatas " data:blog.pageTitle " merupakan judul dr blog anda sendiri dan jika di tambah " + &quot; - tutorial ngeblog di blogger blogspot& " berati jika tulisan yg berwarna merah anda ganti dengan judu /title blog anda.. hasilnya akan nampak seperti ini : " tutorial ngeblog di blogger blogspottutorial ngeblog di blogger blogspot " gtuuuuu... ( tapi kalo bingung mending pake / ganti dengan judul / title blog anda... ga papa ko.. blog ini juga memakai judul/title blog..)
kemudian selanjutnya adalah contoh meta tag keyword, lihat contoh dibawah ini :

<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot; merayu cewe, menggoda wanita, super model, model hot, cerita cinta, cerita misteri, cerita anak, muda mudi, humor, jangan cerita sex loh dosa!!&quot;' name='keywords'/>

ubah tulisan yang berwarna biru pada contoh meta keyword diatas dengan target keyword atau kata kunci yang sesui dengan blog anda, ( usahakan panjang keyword jangan terlalu panjang, dan disetiap kata kunci pisahkan dengan koma. pokoknya maksimal kata kunci yang anda masukkan sekitar 200 karakter atau lebih dikit lah, biar ga diangggap spam / sampah oleh search engine)

Kemudian jika sudah anda edit dan ganti sesui dengan deskrispi atau title blog anda beserta kata kunci yang anda pilih, silahkan masukkan meta tag tersebut keduanya kedalam bagian head blog anda tepatnya cari code seperti ini <head> yang ada dibagian atas edit html blog anda. dan taruh meta tag yang anda bikin tadi tepat di bawahnya kode tag <head>
kemudian tekan tombol simpan.
Oke dech... selesai, tapi tips SEO tidak selesai samapi di tahap penambahan meta tag ini saja, karena tips SEO sifatnya berkaitan dan saling melengkapi.. ada lagi tips seo lain yang ga kalah pentingnya, yaitu memasang google sitemap ( yaitu SEO yang ditujukan spesial buat mesin pencari google yang kebetulan di indonesia google adalah mesin pencari nomor satu yang sering dipakai ).. tapi akan saya bahas di lain kesempatan, jika nggak sabar postingannya silahkan rekues aja lewat post komentar dibawah ini, biar saya menjadi semangat.. hehehhe..
Oke.. sekian dulu yah.. sampai jumpa lagi ditutorial yang lainnya...

post written by:

Related Posts

0 Comments: